11 Maret 2013

Membuat Cas Aki Otomatis 5A



Assalamu`alaikum wr wb.
Slamat pagi, di pagi yang terang benderang dan cerah ini (Lebayy.. :)) saya akan membahas bagaiaman membuat cas aki otomatis. Seperti kita ketahui, cas (charger) adalah salah satu peralatan penting di zaman serba modern seperti sekarang ini, setiap peralatan elektronik saat ini rata sudah menggunakan battery untuk fleksibilitas penggunaannya, kita sebut saja handphone,aki (motor atau mobil), dkk nya,,,hhehehe… udah ahh ngocehnyaa,, skrg mari kita liat proses pembuatan charger aki nya, charger aki ini dapat digunakan untuk mengecas aki motor atau aki mobil. Saya sudah mencobanya dan Alhamdulillah berhasil… :D
Langkah2 nya sbb :
  1. Siapkan komponen2 dibawah ini : 
 

  1.  Rangkai dan buatlah layout dari skematik berikut ini :
 ini contoh layout yang saya buat :

  1.  Uji coba cas aki yang dibuat,,,
      Catatan :
  • Pada saat penggunaan pertama, pastikan lampu tanda penuh dalam keadaan mati, sambil cas aki ukurlah tegangan pada aki smpai batas skitar 13.8V, jika sudah smapai angka sgitu putarlah potensiometer sehingga led menjadi terang dan proses pengisian baterai atau aki secara otomatis akan berhenti.
  • Karena thristor BRX49 susah didapat, saya saran kan pake Triac BT151.
  • Pengecas ini dapat mengeluarkan arus maksimal 4A, untuk mengubah menjadi lebih besar dapat menggnati diode bridge sesuai dengan spesifikasi ampere trafo nya begiru juga dengan triac BT136 dapat diganti dengan triac yang lebih besar, missal BT108 untuk arus maksimal 8A.
Demikian Tutorial Singkat ini, mudah2an bermanfaat..amiin..
Bagi yang ingin mendownload skematik dan layoutnya , silahkan ke sini. saya menggunakan software Cadsoft Eagle 6.3 untuk software pembuatan layoutnya.

14 Tanggapan:

  1. klo saat pertama belum mati lednya gmna gan?? kasih penjelasan rincinya dunk,,, ane gg paham

    BalasHapus
  2. @Ade Kurniawan : putar potensiometernya mas

    BalasHapus
  3. klo prinsip kerja rangkaianya gmna gan

    BalasHapus
  4. Gan ane pke triac bt 136 ma scr c106,cara nentuin kaki AKG. Kalo tampak depan gimana...
    Terus cara masang trimpotny kaki tengahnya ke mana y,..
    Ane baru belajar elektro otodidak,mohon penjelasannya gan...

    BalasHapus
  5. @anonim : untuk nntuin kaki scr sama triac nya dapat diliat di datashheetnya gan,,, cari aja di mbah gugle, ada koq...:D
    klw untuk penetuan kaki tengahnya potensiometer dilihat pada gambar ada huruf 'S' nya,.,.
    semangaat gan,..,!

    BalasHapus
  6. minta perhitungannya gan,,, ane butuh ini untuk skripsi

    BalasHapus


  7. Kepedulian Kepada Sesama

    Sudah Banyak Kita Melihat
    Tapi Semua Terasa Sirna
    Sudah Banyak Kita Mengerti
    Tapi Sedikit Yang Kita Pahami

    Kemilau Harta Melimpah Ruah
    Justru Hati Kian Gelisah
    Hanya Orang Suka Bersedekah
    Hidup Jadi Makin Barokah

    Harta Hanyalah Titipan
    Pada Saatnya Pasti Dikembalikan
    Mengapa Tidak Dikeluarkan
    Agar Hidup Terselamatkan


    <<=0=>>

    Bank DKI
    No Rekening : 50323030085
    a/n : Setiawan Budiarto


    BalasHapus
  8. Boss saya minta tolong spesifikasinya untuk Carges Accu Mobil yang 70 Ampere......

    Komponen apa saja yang perlu di ganti dan Mohon di berikan keterangannya dengan lengkap dengan Kode dan Type-nya ya Boss....
    Maaf Boss saya tidak 100% faham Electronic.....baru belajar......

    kalau bisa sms saya aja ya Boss ke 0838 9469 5689.....nanti saya Bell Balik atau jawabannya kirim By E-mail ke :

    Jakarta_anwar@yahoo.com

    Terima Kasih Banyak ya Boss

    BalasHapus
  9. Bos?kalo pesen cager accu motor buat accu kering dan basah bisa engga!trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, sya masih ada kerjaan skrg, jdi blum bisa bntu buatkan,., :D

      oh ya, klw boleh tau, butuh yang brapa ampere ya?

      Hapus
  10. Kaka maaf saya mau tanya nih. 1. Biaya untuk pembuatanya berapa? 2. Cara mengetahui penuh atau ngganya aki pas di charge dari mana? 3. Apakah kalo charge aki mobil bisa tidak pake travo 3 ampere? 4. Bisa tidak dipasang potensio supaya teganganya dapat di atur dari 0 sampai 15? Mohon penjelasanya ka, terima kasih,maaf banyak nanya newbie..

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb

    MAS. di skemanya. BT151 sebagai pengganti BRX49 itu kan SCR
    sedangkan di skemanya kan TRIAC . itu apakah bisa ...

    BalasHapus
  12. mas,klo bks ups...bisa dibuat chargerkah...?

    BalasHapus
  13. Apakah bisa ON dan OFF secara otomatis mas?

    BalasHapus