10 Desember 2013

Mengatasi error 'mscomctl.ocx' pada Microsoft Visual Basic 6.0


Assalamu`alaikum wr. wb
Semangaat Pagi!!! :)
Pernahkan teman-teman menjumpai pesan error seperti ini ketika membuka program visual basic 6 ?

jika menemui error seperti ini bisa dipastikan vb6 teman-teman tidak bisa mengambil component yang menggunakan library dari 'mscomctl.ocx' ini, salah satu nya adalah listview. Bagaimanakah cara memperbaikinya?? sebelum mengetahui caranya, berikut ini saya berikan sedikit analisa saya setelah kemaren sempat menghabiskan banyak waktu untuk mengatasi error ini. 

berikut ini beberapa kemungkinan terjadi error ini :
  1. file 'mscomctl.ocx' belum di registrasi.
  2. ketika kita mengupdate windows 7, maka component ini juga akan ter-update. Karna sejak update windows 7 tahun 2012 (klw gak salah..hhe :)) sudah tidak kompatibel lagi dengan vb6 makanya muncul error ini.  
berikut ini cara memperbaiki error 'mscomctl.ocx' pada masalah  'mscomctl.ocx' belum di registrasi :

  • Pastikan file 'mscomctl.ocx' ini ada di folder C:\Windows\System32, setelah itu buka Command Prompt, klw gak tau caranya silahkan klik Start>>ketikan 'cmd'>>klik kanan command prompt dari hasil pencarian>>Run as Administrator
  •  ketikkan kode ini : cd C:\Windows\System3
  • lanjut dengan mengetikkan regsvr32 mscomctl.ocx lalu tekan enter, maka akan tampil message box yang mengatakan registrasi berhasil, perhatikan gambat dibawah ini :
coba buka lagi vb6 teman-teman, jika masih error coba menggunakan cara kedua, permasalah inilah yang terjadi dengan saya, ketika saya sudah meregistrasi libary mscomctl.ocx nya tetapi masih blum bsa juga membuka vb6. berikut ini adalah cara memperbaikinya :
  • buka cmd seperti cara diatas, tetapi kali ini kita bukannya meregistrasi, tetapi meng-unregister library mscomctl.ocx, dengan cara mengubah kode nya menjadi : regsvr32.exe /u mscomctl.ocx dan tekan enter, maka akan muncul message box yang mengatakan bahwa unregister berhasil.
  • selanjutnya buka C:\Windows\System32, cari file 'mscomctl.ocx', lalu backup file tersebut dengan mengubah formatnya menjadi 'mscomctl.bak'.
  • Ambil file mscomctl.ocx versi lama dari folder instalan vb6, biasanya ada di : folder isntalan vb6\Visual Basic 6.0\OS\SYSTEM dan carilah file mscomctl.ocx dari lokasi ini, copy file tersebut.
  • letakkan file mscomctl.ocx tadi ke C:\Windows\System32, lalu lakukan registrasi ulang seperti pada langkah sebelum ini.
alhamdulillah setelah melakukan beberapa langkah diatas vb6 saya sudah bisa terbuka seperti biasa lagi :D. Demikian Tutorial singkat ini semoga ada manfaatnya buat teman-teman pembaca semua terutama buat penulis....Amiin

Assalamu`alaikum wr wb


7 Tanggapan:

  1. Alhamdulillah,...,.,....vb qu bisa lg. terima kasih yg sebanyak banyaknya buat yg nulis artikel ini. semoga Allah membalas dengan kebaikan yg berlimpah. sekali lagi matur suwun gan.,...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah,...,.,....vb qu bisa lg. terima kasih yg sebanyak banyaknya buat yg nulis artikel ini. semoga Allah membalas dengan kebaikan yg berlimpah. sekali lagi matur suwun gan.,...

    BalasHapus
  3. amiin,, tq gan yanto sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. coba ulangi lgi mas,,hhe

      Hapus
    2. pengalaman sih copy nya ke syswow64,,

      maaf admin, nambahin

      jika masih error,
      pada CMD as Admin, Ketik : regsvr32mscomctl.ocx dan akan tampil pop-up DllRegisterServer in mscomctl.ocx succeeded

      mungkin disini bisa lebih jelas : Panduan Mengatasi Error Component "MSCOMCTL.OCX" pada Windows

      Hapus
  5. saya sudah coba unregister dan register ulang berhasil. namun buat project baru ditambahkan controlnya kedalam form kok LOLA ya? berjam2, bahkan hang.

    BalasHapus