11 September 2018

VB.Net + Crystal Report : Menampilkan Laporan Berdasarkan Tanggal

Assalamu'alaikumwarohmatullohiwabarokatuh...
Semangaat Pagi, guys..
Setelah sekian lama gak ngepost, terbesit mau menghidupkan blog lagi..hhe. postingan kali ini saya akan sharing mengenai salah satu fitur umum pada crystal report, yaitu fitur selection formula yang gunanya sebagai memilih data-data yang akan ditampilan pada tabel di laporan sesuai dengan yang dikehendaki user, misalnya memilih data yang akan di cetak berdasarkan range waktu tertentu, nomor atau kode transaksi dalam tabel, dan sebagainya.
Salah satu tipe selection formula untuk crystal report yang paling sering digunakan pada hampir semua aplikasi yaitu selection formula berdasarkan waktu, baik waktu satuan jam, hari, pekan, bulan atau bahkan tahun. berikut ini contoh baris porogram vb.net plus selection formula nya untuk range waktu :
...
    Private Sub cmdCetak_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles cmdCetak.Click
        frmCetakAn.CrystalReportViewer1.ReportSource = Nothing
        Dim objRpt As New rptBulanan
        frmCetakAn.CrystalReportViewer1.ReportSource = objRpt
            Dim strFormula As String = "{Command.Tgl_Proses}>=#" + Format(dtFrom.Value, "yyyy,MM,dd") + "# and {Command.Tgl_Proses}<= #" + Format(dtTo.Value, "yyyy,MM,dd") + "#"
        frmCetakAn.CrystalReportViewer1.SelectionFormula = strFormula
        frmCetakAn.CrystalReportViewer1.Refresh()
        frmCetakAn.ShowDialog()
    End Sub

...
Adapun contoh tampilan formnya seperti berikut ini:

Sub program diatas adalah program yang dieksekusi setelah tombol cetak ditekan. penjelasannya sebagai berikut ini:
1. pada baris 1 ('frmCetakAn.CrystalReportViewer1.ReportSource = Nothing'), ini artinya mengosongkan reportsource dari crystal report.
2. baris 2 : 'Dim objRpt As New rptBulanan',mengambil object /file report (.rpt) dan memasukkan ke variable objRpt
3. baris 3: 'frmCetakAn.CrystalReportViewer1.ReportSource = objRpt' memasukkan file rpt kedalam crystal report viewer yang berada pada form dengan nama frmCetakan dan nama object CrystalReportViewer1.
4 baris 4 : Dim strFormula As String = "{Command.Tgl_Proses}>=#" + Format(dtFrom.Value, "yyyy,MM,dd") + "# and {Command.Tgl_Proses}<= #" + Format(dtTo.Value, "yyyy,MM,dd") + "#" ini dia selection formula yang digunakan. kebanyakan orang salah memasukkan format pewaktuannya ketika memprogram, jadi pastikan formatnya sesuai listing program ini ya. dari baris program ini diketahui bahwa data yang akan ditampilkan di tabel atau di crystal report viewer hanya data yang diambil dari tanggal pada datetime picker dtFrom sampai tanggal sesuai pada datetimepicker dtTo. string selection formula tadi dimasukkan kedalam variabel strFormula.
5. baris 5 : frmCetakAn.CrystalReportViewer1.SelectionFormula = strFormula baris ini adalah printah untuk eksekusi strFormula yang didapatkan pada ke-4 tadi.
6. Baris 6 : frmCetakAn.CrystalReportViewer1.Refresh() reload atau refresh data pada crystalreportviewer sehingga file yg ditampikan sesuai selection formula.
7. Baris 7 : frmCetakAn.ShowDialog() Menampilkan form dengan nama frmCetakan yang berisi crystalreportviewer

Demikian tutorial singkat, semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan jangan segan ditanyakan melalui komentar yaa... Terima kasih.
Wassalamu'alaikumwarohmatullohiwabarokatuh..

0 Tanggapan:

Posting Komentar