18 Juli 2012

USBasp (Microcontroller Programming)

USBasp

USBasp adalah programmer microcontroller yang menggunakan komunikasi USB secara langsung tanpa peranatar komunikasi serial RS-232. Seperti kita ketahui, dengan ditinggalkannya komunikasi parallel yang memakan banyak tempat dalam pengoperasiannya, sekarang komunikasi serila Rs-232 pun sudah jarang ditemui diberbagai produk2 laptop, notebook, dsb... (jaduul eui....:D). Dengan bentuk desain yang minimalis membuat USB mnjadi senjata andalan untuk komunikasi pada laptop dkk(dan kawan kawan... :) ).

USB umumnya digunakan untuk memprogram microcontroller keluarga ATMEL, misalnya atemga8, atmega328, atmega128, atmega2560, dan banyak lagi yang laen.program USBasp ini dapat digunakan untuk programming bootloader Arduino ataupun bisa langsung memprogram Arduino tentunya dengan

sedikit mengedit file preference arduino. Adapun caranya yaitu; pastikan komputer atau laptop anda sudah terinstall driver USBasp (kalau belum bisa di download disini), selanjutnya ialah Show hidden file and folder (udah tau kan caranya.... :) ). Buka preference arduino di C:\Documents and Settings\User\Application Data\Arduino. carilah tulisan upload.using=bootloader, jika sudah ketemu gantilah menjadi  upload.using=usbasp. Selesai, Simpanlah kembali dan jangan lupa untuk mengubah setting hidden file nya lagi. untuk mencobanya bisa langsung buka arduino (kalau belum punya bisa di download disini). pastikan smbungan usbaspnya, silahkan upload file example dari arduino untuk mencobanya, tapi pastikan dulu jenis microcontroller yang digunakan (tools>>board) .

Oh ya, setelah jauh melangkah tentang programming arduino pake USBasp, kini kita balik lagi di pembahasan USBasp. Teman2 pasti ingin membuat sendirikan USBasp nya (ya iya dooong.... :D). Niih aku kasih rangkaianya silahkan di download gan.... :)
Usbasp Ciscuit

mudah2an bisa bermnafaat sobat... :)