19 Maret 2013

Membuat Kubus 3D di Micrososft Visual Basic 6.0

Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Gimana kabarnya rekan2 sekalian?? Mdah2an sehat dan dalam lindunganNya…amiin. Di pagi yang berbahagia ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana membuat kubus 3D di vb6, tidak seperti tutorial sebelumnya, kalau sebelumnya menampilkan dan animasi bidang 3D dengan mengambil (load) file, pada tutorial sekarang ini kita akan membuat bidang 3D dalam hal ini kubus menggunakan murni coding,,,, :)
Baiklah, lgsung saja kita mulai.
Buka VB6>>Standard.exe
Buat tampilan sederhana seperti berikut ini :

Atur properties masing2 komponen sesuai tabel berikut ini :
Nama
Properties
Timer
Name
TimerX
Timer
Tame
TimerY
Timer
Name
TimerZ
PictureBox
name
Picture1

Scale Mode
Pixels
CheckBox
name
check_x
CheckBox
name
check_y
CheckBox
name
check_z
textBox
name
txtX
textBox
name
txtY
textBox
name
txtZ

Command Button
name
cmdX

Caption
X
Command Button
name
cmdY

Caption
Y
Command Button
name
cmdZ

Caption
Z

Masukkan library kubus (dalam tutorial ini saya menggunakan library kubus kepunyaan Mark Gordon, silahkan download disini) dengan cara klik Project>>add Class Module, pilih file kubus nya dan klik OK.
Buka Jendela koding dan masukkan variable global berikut ini :

Private kotak As Cube
Dim itunganX, itunganY, itunganZ As Integer

Buka jendela koding Tombol X, masukkan coding ini :

kotak.Roll = Val(txtX.Text)
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding Tombol Y, masukkan coding ini :

kotak.Yaw = Val(txtY.Text)
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding Tombol Z, masukkan coding ini :

kotak.Pitch = Val(txtZ.Text)
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding Form_Load, masukkan coding ini :

timerX.Enabled = False
timerY.Enabled = False
timerZ.Enabled = False
Set kotak = New Cube
Picture1.BackColor = vbWhite
kotak.TransparentBackground = False
kotak.X = Picture1.ScaleWidth / 2
kotak.Y = Picture1.ScaleHeight / 2
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding TimerX_timer, masukkan coding ini :

itunganX = itunganX + 1
kotak.Roll = itunganX
txtX.Text = itunganX
If itunganX > 359 Then itunganX = 0
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding TimerY_timer, masukkan coding ini :

itunganY = itunganY + 1
kotak.Yaw = itunganY
txtY.Text = itunganY
If itunganY > 359 Then itunganY = 0
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding TimerZ_timer, masukkan coding ini :

itunganZ = itunganZ + 1
kotak.Pitch = itunganZ
txtZ.Text = itunganZ
If itunganZ > 359 Then itunganZ = 0
kotak.Draw Picture1.hDC

Buka jendela koding check_X_Click, masukkan coding ini :

If check_x Then
timerX.Interval = 10
timerX.Enabled = True
itunganX = 0
Else
timerX.Enabled = False
End If

Buka jendela koding check_Y_Click, masukkan coding ini :

If check_y Then
timerY.Interval = 10
timerY.Enabled = True
itunganY = 0
Else
timerY.Enabled = False
End If

Buka jendela koding check_Z_Click, masukkan coding ini :

If check_z Then
timerZ.Interval = 10
timerZ.Enabled = True
itunganZ = 0
Else
timerZ.Enabled = False
End If

Buka jendela koding cmd_Exit_Click, masukkan coding ini :

Unload Me

Buka jendela koding picture1_paint, masukkan coding ini :

kotak.Draw Picture1.hDC

Sampai disini program telah selesai, cobalah program dengan menekan tombol F5 atau tombol Play. Bagi yang ingn mendownload langsung programnya, silahkan kesini. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat…amiin






0 Tanggapan:

Posting Komentar