Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Gimana kabarnya rekan2 sekalian?? Mdah2an sehat dan dalam
lindunganNya…amiin. Di pagi yang berbahagia ini saya akan berbagi sedikit
pengetahuan tentang bagaimana membuat kubus 3D di vb6, tidak seperti tutorial
sebelumnya, kalau sebelumnya menampilkan dan animasi bidang 3D dengan mengambil
(load) file, pada tutorial sekarang ini kita akan membuat bidang 3D dalam hal
ini kubus menggunakan murni coding,,,, :)
Baiklah, lgsung saja kita mulai.
Buka VB6>>Standard.exe
Buat tampilan sederhana seperti berikut ini :
Atur properties masing2 komponen sesuai tabel berikut ini :
Nama
|
Properties
|
|
Timer
|
Name
|
TimerX
|
Timer
|
Tame
|
TimerY
|
Timer
|
Name
|
TimerZ
|
PictureBox
|
name
|
Picture1
|
Scale Mode
|
Pixels
|
|
CheckBox
|
name
|
check_x
|
CheckBox
|
name
|
check_y
|
CheckBox
|
name
|
check_z
|
textBox
|
name
|
txtX
|
textBox
|
name
|
txtY
|
textBox
|
name
|
txtZ
|
name
|
cmdX
|
|
Caption
|
X
|
|
Command Button
|
name
|
cmdY
|
Caption
|
Y
|
|
Command Button
|
name
|
cmdZ
|
Caption
|
Z
|
Masukkan library kubus (dalam tutorial ini saya menggunakan
library kubus kepunyaan Mark Gordon, silahkan download disini)
dengan cara klik Project>>add
Class Module, pilih file kubus nya dan klik OK.
Buka Jendela koding dan masukkan variable global berikut ini :
Private kotak As CubeDim itunganX, itunganY, itunganZ As Integer
Buka jendela koding Tombol
X, masukkan coding ini :
kotak.Roll = Val(txtX.Text)kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding Tombol
Y, masukkan coding ini :
kotak.Yaw = Val(txtY.Text)kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding Tombol
Z, masukkan coding ini :
kotak.Pitch = Val(txtZ.Text)kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding Form_Load,
masukkan coding ini :
timerX.Enabled = FalsetimerY.Enabled = FalsetimerZ.Enabled = FalseSet kotak = New CubePicture1.BackColor = vbWhitekotak.TransparentBackground = Falsekotak.X = Picture1.ScaleWidth / 2kotak.Y = Picture1.ScaleHeight / 2kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding TimerX_timer,
masukkan coding ini :
itunganX = itunganX + 1kotak.Roll = itunganXtxtX.Text = itunganXIf itunganX > 359 Then itunganX = 0kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding TimerY_timer,
masukkan coding ini :
itunganY = itunganY + 1kotak.Yaw = itunganYtxtY.Text = itunganYIf itunganY > 359 Then itunganY = 0kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding TimerZ_timer,
masukkan coding ini :
itunganZ = itunganZ + 1kotak.Pitch = itunganZtxtZ.Text = itunganZIf itunganZ > 359 Then itunganZ = 0kotak.Draw Picture1.hDC
Buka jendela koding check_X_Click,
masukkan coding ini :
If check_x ThentimerX.Interval = 10timerX.Enabled = TrueitunganX = 0ElsetimerX.Enabled = FalseEnd If
Buka jendela koding check_Y_Click,
masukkan coding ini :
If check_y ThentimerY.Interval = 10timerY.Enabled = TrueitunganY = 0ElsetimerY.Enabled = FalseEnd If
Buka jendela koding check_Z_Click,
masukkan coding ini :
If check_z ThentimerZ.Interval = 10timerZ.Enabled = TrueitunganZ = 0ElsetimerZ.Enabled = FalseEnd If
Buka jendela koding cmd_Exit_Click,
masukkan coding ini :
Unload Me
Buka jendela koding picture1_paint,
masukkan coding ini :
kotak.Draw Picture1.hDC
Sampai disini program telah selesai, cobalah program dengan
menekan tombol F5 atau tombol Play. Bagi yang ingn mendownload
langsung programnya, silahkan kesini. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat…amiin
0 Tanggapan:
Posting Komentar